3 Tipe Logam Untuk Perhiasan Selain Cincin Kawin Emas

Pernikahan merupakan event yang terjadi (setidaknya) sekali seumur hidup seorang manusia. Selebrasi ini adalah bentuk tertinggi dari pengabdian diri seseorang terhadap pasangannya satu sama lain dan salah satu bentuknya adalah dengan pemasangan cincin kawin.

Cincin kawin sejak zaman dahulu merupakan hal yang universal dan tidak terkecuali untuk kita di Indonesia. Karena pernikahan adalah event yang sakral, tidak jarang cincin kawin yang di jadikan lambang mempunyai nilai yang cukup tinggi bahkan luar biasa. Logam umum yang di pakai di Indonesia sendiri terbuat dari emas yang di campur dengan logam lain.

Kenapa di campur?

Emas secara alami mempunyai sifat yang mudah di bentuk, satu ons emas dapat di bentang sejauh 80km jauhnya jika di jadikan kawat dengan diameter 5 mikron. Karena lunak dan mudah mencair, emas harus di campur dengan logam lain agar menjadi keras dan bentuk indahnya dapat bertahan lama. Tapi, terdapat logam lain selain emas untuk membuat perhiasan yang tidak kalah cantik dan pastinya mempunyai kelebihan tersendiri.

Untuk mengetahui lebih jauh logam lain untuk perhiasan selain emas, simak penjelasan lebih lanjut di artikel ini.


3 Alternatif Logam Untuk Perhiasan Selain Emas

Perhiasan dari perak

Ketika kita membicarakan perhiasan, maka hal pertama yang akan teringat adalah perak sterling atau drakula?.

Perak mempunyai bobot yang lebih ringan dari emas, oleh karena itu menggunakan perak sebagai perhiasan lebih nyaman di pakai untuk jangka waktu yang lebih lama. Tambahannya, perak bisa di tempa lagi jika terdapat kerusakan pada perhiasan. Cincin yang terbuat dari perak juga cepat di perbaiki yang menjadikannya sangat ekonomis dan tidak perlu juga mengeluarkan uang banyak untuk membeli satu lagi jika yang lama sudah rusak.

Cincin kawin emas terkenal dengan harganya yang mahal di bandingkan dengan perak. Kebanyakan pengguna perhiasan perak sangat tertarik dengan harganya yang terjangkau dan logam ini juga memiliki warna putih di bandingkan logam lain. Terjangkaunya harga perak di karenakan hasil tambang logam ini lebih banyak dan lebih mudah di temukan, sehingga tersedia banyak di pasaran.

Perak juga tersedia dalam desain yang beragam dan di bandingkan dengan emas dan platinum, desain logam ini bisa lebih banyak lagi. Kebanyakan pengguna perhiasan mencari desain yang unik dan etnis yang mana perak memberikan kemungkinan ini untuk mereka.

Perhiasan dari Platinum

Kata-kata platinum merupakan lambang penghargaan tertinggi dalam sebuah kemewahan, eksklusif, dan kesuksesan. Bahkan pada produk-produk umum seperti susu, kartu kredit, dan banyak lainnya juga menggunakan platinum sebagai lembang kemewahan. Pengasosiasian platinum dengan hal-hal yang mewah bukanlah kebetulan, hal ini karena platinum merupakan logam yang langka untuk di temukan di seluruh dunia. Logam ini hanya di tambang pada beberapa titik di seluruh dunia, dan titik paling banyak adalah di Afrika Selatan.

Perhiasan dari platinum mempunyai kemilau putih yang dingin yang sempurna untuk memperkuat kilau dan kecemerlangan dari berlian. Ini di karenakan platinum tidak memantulkan kembali warna-warna yang di tangkapnya kearah batu berlian. Ketahanan platinum sebagai perhiasan juga luar biasa kuat dan tahan lama walaupun di gunakan setiap hari. Platinum juga kuat terhadap tekanan dan mampu menghadapi suhu panas maupun dingin yang ekstrem. Dengan ketahanan seperti itu, bentuk dan pola yang telah di bentuk pada platinum akan bertahan lama di bandingkan logam lain. Logam ini juga anti alergi karena tidak mengandung Nikel di dalamnya.

Perhiasan dari Palladium

Palladium mempunyai kemilau putih yang alami dan bisa di samakan dengan platinum di mana warna ini melengkapkan warna dari berlian pada perhiasan. Palladium pertama kali di perkenalkan pada tahun 1802 dan masih belum di ketahui nilai dari logam ini. Debut pertama palladium sebagai perhiasan di mulai pada tahun 1939 ketika palladium di sebut sebagai sumber daya strategis pemerintah selama masa perang dunia ke-2.

Palladium merupakan bagian dari kelompok metal platinum namun sedikit lebih lunak dari pada platinum itu sendiri. Palladium terasa lebih ringan pada tangan di bandingkan dengan platinum. Bertahun-tahun palladium  telah di gunakan untuk membuat emas putih karena warna putih-silver pada palladium sudah cukup tanpa penambahan rhodium.

Tidak seperti emas putih, warna cerah putih dari palladium tidak akan memudar seiring waktu dan tidak perlu pelapisan ulang. Palladium sendiri mempunyai bentuk dan ketahanan dari platinum tapi dengan rentang harga yang lebih murah. Biasanya, perhiasan yang terbuat dari palladium mempunyai 2/3 harga lebih murah dari pada platinum dengan desain yang sama. Selain itu, palladium juga ideal untuk orang-orang yang mempunyai alergi karena palladium tidak mengandung nikel di dalamnya.


4 Warna cincin kawin emas populer

Ketika anda ingin membeli perhiasan emas, maka anda akan menghadapi beberapa pilihan dan tipe-tipe berbeda dari logam ini. Mulai dari warna, karat, dan pilihan lapisannya. Setiap warna dari emas mempunyai kelebihan tersendiri dan pastinya memiliki nilai estetik yang berbeda.

Emas kuning

Emas adalah metal paling tua dan tetap menjadi metal paling di cari di seluruh dunia. Warnanya yang kaya telah menjadi simbol dari kesejahteraan dan kemakmuran berabad-abad lamanya. Umumnya artefak yang di temukan di dunia seperti peradaban Mesir kuno atau Yunani, menunjukkan kalau emas selalu di kaitkan dengan kerajaan dewa-dewa. Cincin kawin emas merupakan pilihan utama sejak zaman dahulu kala karena keindahannya yang tahan lama dan di anggap mempunyai nilai yang tinggi.

Emas tidak berkarat atau memudar dan warna logam ini juga tidak hilang seiring dengan waktu. Emas lebih di pilih oleh masyarakat karena nilainya yang tinggi di banding logam lain. Namun emas kuning bisa tergores apalagi jika di pakai setiap hari. Emas kuning kemungkinan bercampur dengan nikel yang tidak cocok untuk penderita alergi.

Emas putih

Kemilau emas putih mulai berkembang di awal tahun 1990-an karena campuran seperti ini tidak memantulkan warna melalui batu berlian dan hal ini menambah kilauan dan kecemerlangan batu tadi. Emas putih biasanya di lapisi dengan Rhodium untuk memberikan warna putih-silver yang terang.

Salah satu keuntungan dari emas putih adalah logam ini tidak akan berkarat, pudar, atau rusak. Emas putih lebih mudah di bentuk di bandingkan platinum, jadi akan lebih mudah untuk di modifikasi dan membuat desain. Harga emas putih juga lebih terjangkau di bandingkan platinum namun tetap menggunakan emas pada prosesnya.

Emas mawar (rose gold)

Emas mawar (emas merah atau emas pink, tergantung dari campuran) adalah kombinasi dari warna emas kuning yang di tempa dengan tembaga. Emas mawar sendiri mendapatkan popularitas pada awal abad ke-19 dan semakin melejit karena pembuat perhiasan Prancis, Cartier pada tahun 1920 merilis perhiasan khusus yang bernama Trinity Band. Cincin ini merupakan jalinan 3 cincin yang berukuran lebih kecil dan salah satunya terdiri dari emas mawar.

Emas mawar mempunyai warna yang hangat dan berkilau dengan indah. Orang-orang akan dengan mudah tertarik dengan emas ini karena warnanya yang pink dan berbeda dari warna logam pada umumnya (putih atau silver). Emas ini juga tidak memerlukan lapisan rhodium seperti emas putih.

Nah, logam-logam di atas merupakan pilihan yang bisa anda gunakan sebagai alternatif cincin kawin. Sekarang tidak harus terpaku pada cincin kawin emas tradisional yang bentuknya terbatas dan ketinggalan zaman. Logam-logam di atas merupakan bahan terbaik yang di gunakan sebagai perhiasan di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan